Senin, 05 Januari 2015

begini caraku mendedel obrasan



Buat para sewing addict, pasti pernah punya pengalaman membongkar alias mendedel jahitan (terkadang itulah esensi dari menjahit :P). Dan yang acara menjahitnya bersangkutan sama mesin obras, pastilah pernah pula harus mendedel hasil obrasannya.
Kalo aku sendiri seringnya ndedel obrasan karena ngobras di sisi yang salah, atau kalo lagi nggak puas sama hasil obrasan. Masalahnya adalah karena mesin obras pake tiga benang (malah ada yang empat), jadi kalo salah narik benang malah bikin obrasannya jadi bundet di kain. Padahal sebetulnya mbongkar obrasan itu nggak sulit-sulit amat. Berikut ini aku share caraku mendedel obrasan dalam dua kasus, mendedel obrasan yang menjahit dua lembar kain sekaligus dan mendedel obrasan di satu lembar kain.
Mendedel obrasan di satu lembar kain:


Satu lembar kain di sini maksudnya obrasan yang hanya mengobras satu lembar kain atau kadang istilahnya obras buka.


Pada bagian bawah obrasan biasanya ada jahitan yang mirip dengan jahitan mesin jahit biasa. Nah, bagian itu yang harus kita dedel. Masukkan ujung pendedel ke salah satu jahitan, terus dorong pendedel sampai pangkal pendedel yang tajam memutus jahitan.
Kalo udah gitu, tinggal cabut jahitannya seperti kalau mendedel jahitan biasa. Dengan sendirinya rangkaian benang yang diatas akan ikut terburai tanpa harus repot nyabutin satu-satu :)
Mendedel obrasan pada dua lembar kain:
Mendedel obrasan yang menjahit dua lembar kain sekaligus, atau obras tutup, biasanya ada di bagian kerung lengan yang menjahit bagian lengan dengan badan atau kadang-kadang di jahitan sisi samping baju. Sebetulnya bisa aja pakai cara yang di atas. Tapi kadang kalo udah terburu waktu atau benang tengah yang membentuk jahitan itu pakai benang obras, cara ini sering jadi alternatifku.
Buka kemudian regangkan dua lembar kain yang diobras sampai jahitan obrasannya terlihat.
Lalu masukkan tangkai pendedel yang panjang. Dorong sampai pisau yang ada di pangkal pendedel memutus jahitan-jahitannya.


Lanjutkan mendedel sampai selesai.
Yang harus diperhatikan dari cara ini, hati-hati jangan sampai pangkal pendedel yang berpisau tajam sampai menggores kain, yang mana bakal bikin kain jadi sobek.
Demikian caraku mendedel obrasan. Kalo ada yang tau cara mendedel yang lebih kece, please let me know with sharing in comment below ya!
Enjoy the sew! :)

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Mencari mesin jahit obras berkualitas dengan harga murah?.. Intip koleksi produk mesin obras dari Fitinline yuk..

    BalasHapus