Senin, 02 Maret 2015

[tutorial] Elastik sudut seprai


Dua minggu belakangan ini aku dapet selingan bikin seprai setelah sebelum-sebelumnya berderet-deret bikin pakaian terus. Dulu, pertama kali aku belajar bikin seprai sama tetanggaku yang bikin usaha seprai. Ndilalah tetanggaku ini baik banget, jadilah waktu itu aku yang nggak bisa mbayangin caranya bikin seprai diajarin bikinnya dari seprai plus sarung bantal-gulingnya. Walaupun Cuma njahit, karna waktu itu umurku masih awal-awal teenager, jadi pikirku waktu itu nggak mampu _atau katakanlah belum minat_ kalo untuk belajar motong kain seprai yang alamak luasnya. Padahal sekarang setelah gede, pada prakteknya motong kain seprai tu nggak ada 5 menit ^^. Tapi kali ini aku bukan mau cerita gimana caranya motong kain seprai _kukira itu cukup gampang kan ya?_ .Yang mau aku bagi adalah caraku masang elastik di sudut-sudut seprai yang kudapat triknya dari tetanggaku nan baik hati ini.
Biasanya kalo beli seprai-seprai itu kan elastiknya dijahit samping-sampingnya dan sepanjang elastiknya. Nggak ada yang salah sebetulnya. Cuma aku nggak pernah suka sama acara ngolor-olor waktu njahit sepanjang elastiknya. Sementara kaki nekan pedal, tangan kanan-kiri narik ujung-ujung elastik. Lha siapa yang mau njaga elastik bias tetep lurus dijalurnya? Mungkin ini cuma aku aja yang nggak canggih tehniknya. Tapi sementara  aku belum punya keahlian tarik-menarik itu , aku milih untuk ngasih semacam selongsong untuk wadah si elastik.
Here we go! Potong kain ukuran 48cm x 6cm sebanyak 4 lembar. Lipat sepanjang keempat sisinya selebar 1cm.
Lipat bagian memanjang jadi dua untuk menandai bagian tengahnya. Taruh bagian tengah sisi bawah kain ini di jahitan sudut bawah seprai yang sudah dijahit sepanjang pinggirannya.
Jahit bagian bawah kain ini. Pada bagian ini aku suka membuat jahitan si potongan kain menumpuk diatas jahitan pinggiran seprai. Jadi nantinya hanya akan kelihatan 1 jalur jahitan saja.
Jahit sisi panjang yang satunya. Lalu potong elastik selebar 3cm sepanjang 22cm. Masukkan kedalam selongsong kain tadi dengan bantuan peniti sampai sisi elastik  yang satunya mencapai ujung selongsong.
Jahit bentuk kotak selebar ± 2cm. Lalu jahit bentuk X didalam jahitan kotak.   
Tarik elastik yang masih ada didalam selongsong sampai ujung. Tahan dengan jarum, lalu lepas penitinya. Jahit kotak dan X lagi seperti sisi yang satunya.
Selesai! 
Ups, jangan lupa untuk nggarap ketiga sisi yang lain! :)
Dengan pakai cara ini mungkin memang nambah kerjaan motong kain selongsong elastik plus njahitnya juga. Tapi yang kusuka dari cara ini, selain nggak perlu tarik-tarikan itu tadi, elastiknya jadi nggak gampang molor karna nggak ada proses jahit sepanjang bagian panjangnya dan menurut pengalamanku, si seprai  jadinya lebih awet dan rapi karna elastiknya ngumpet dibalik kain :)

So, enjoy the sew!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar