Kamis, 05 Desember 2013

Penggaris kampuhku..

Setiap hari menjahit sama dengan setiap hari motong kain. Asik kan? Kecuali sesuatu hal, dan sesuatu ini nggak bisa kamu hindari kalo kamu seorang penjahit. Sesuatu itu adalaah.. bikin garis kampuuh!
Kampuh atau kalo beberapa orang kadang nyebutnya hem, adalah ukuran tambahan yang dibuat di sekeliling pola untuk tepian jahitan.
Beberapa penjahit ada yang langsung menggambar si kampuh ini sekalian di kertas pola. Tapi aku kesulitan untuk menghindari nggunting pinggiran kertas kalo pas motong kainnya (yang mana itu bikin gunting kain jadi sekarat). Aku lebih suka untuk nambahin garis kampuh di kain setelah kupasang polanya. Jadi udah nggak ngitung lagi deh, udah berapa ribu garis yang aku coret untuk bikin kampuh, bahkan untuk pola yang sama. Sebelnya, kalo kampuh diukur pakai meteran, ukurannya kadang nggak seragam 1,5cm di sepanjang pinggirannya. Yah.. mungkin pas punggungku pegel ukurannya jadi ada yg ketambahan 1-2 mm. Tapi bagaimanapun bakal bikin hasil akhir tepi jahitan jadi g elok lagi _menurutku_ walaupun jahitannya mati matian kubuat serapi mungkin.
Ide solusinya ada dari sang suhu jahitku. Mungkin beliau kasian liat aku kerepotan sama meteranku, beliau ngusulin untuk buat peenggaris kampuh yang dibuat dari karton yang dipotong selebar 1,5 cm (sesuai lebar kampuh). Waktu itu dengan bodohnya aku mengabaikan ide itu. Baru setelah aku disibukkan dengan orderan _dan otomatis  si kampuh juga_ akhirnya aku ikuti saran beliau. Awalnya pakai karton, tapi karna sering aku pakai untuk nggaris, pinggirannya jadi nggulung dan ukurannya jadi nggak akurat 1,5cm lagi. Bagaimanapun 'teknologi canggih'ku itu bikin bapakku terkagum kagum, bahkan sekalian mbuatin dari bahan cover file map beliau yang rela dipotong untuk keperluan ini _love u dad!_ :)
Akhirnya si penggaris nggak dibuat lurus 1,5 cm, tapi ada sisi yang aku minta dibuat tebal 4,5 cm untuk menggaris kampuh bawah pakaian atau bagian lain yang biasanya lebar. Sekalian kugambar angka-angka kayak penggaris untuk kampuh yang butuh  ukuran khusus.
Acara motong kain jadi nggak bikin empet lagi deh! ;D

1 komentar:

  1. Thanks for sharing. Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat baju wanita model terbaru tanpa harus mengikuti kursus jahit?. Anda bisa memanfaatkan pola baju wanita siap pakai dari Fitinline.

    BalasHapus